Notification

×

Iklan

Iklan

Blora Dinyatakan Waspada HlV/AIDS

Kamis, 21 September 2017 | September 21, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:59:11Z

SuakaIndonesia.com _ Blora,  sebanyak 27 orang pekerja seks komersial (PSK) dinyatakan positif mengindap penyakit HIV/AIDS oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora . Temuan itu diketahui setelah dilakukannya pemeriksaan Voluntary Counseling Test (VCT) Mobile di empat lokalisasi yang berbeda di Kawasan Kabupaten Blora.

Pada Media Online suakaindonesia.com Kepala Dinkes Blora, Henny Indriyanti, melalui Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (P2PLP), Lilik Hernanto, Selasa (15/12) kemarin menyampaikan
“Kami memeriksa sebanyak 176 orang PSK. Hasilnya, 27 orang positif HIV/AIDS,” ungkapnya

Dari keempat lokalisasi yang penghuninya  dilakun periksaan yakni mulai dari Kampung Baru Kecamatan Jepon, dilanjutkan ke Sumberagung dan Sumberarum untuk wilayah Kecamatan Cepu dan di Yanjrong di Kecamatan Kunduran juga turut dilakukan pemeriksaan kesehatan. Menariknya, dari pemeriksaan dari berbagai lokasi tersebut terungkap bahwa di setiap lokalisasi diketemukan PSK yang positif mengidap HIV/AIDS.

“Prosentasenya antara 13-16 persen. Artinya, di setiap lokalisasi ada PSK yang terjangkit HIV/AIDS,” ungkap Lilik Hernanto.

Lebih lanjut Lilik menjelaskan, dari 27 PSK yang positif HIV/AIDS, sebagian besar berusia lebih dari 35 tahun. Sedangkan yang berusia 17-24 tahun, prosentasenya sekitar lima persen. “Ini masuk kategori usia produktif,” kata Lilik.

Menurutnya, temuan tersebut tidak akan didiamkan begitu saja. Dia menegaskan, sesaat sebelum dilakukannya VCT mobile, pihaknya telah memberikan penjelasan kepada para PSK terkait tindak lanjut jika ditemukan kasus HIV/AIDS. Para PSK juga telah menanda tangani surat pernyataan untuk mengikuti program selanjutnya setelah digelarnya VCT mobile yang belum lama ini.

“Yang positif HIV/AIDS akan mengikuti program pengobatan di klinik VCT yang ada di rumah sakit umum (RSU) Dr Soetijono Blora atau RSU Dr R Soeprapto Cepu,” ungkapnya.

Editor     :. Bam'S

×
Berita Terbaru Update