Notification

×

Iklan

Iklan

Setelah Menyandang Akreditasi Paripurna Bintang Lima RSUD RAA Soewondo Di Survey Ulang

Selasa, 14 November 2017 | November 14, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:58:44Z

Setelah menyandang akreditasi paripurna bintang lima, kini RSUD RAA Soewondo Pati dikunjungi dari Tim Survey Verifikasi Akreditasi di tahun pertama, Tempat pertemuan di Aula RSUD Soewondo Pati, Pada Hari Selasa (14/11), Dr Edhy Sihrahmat MARS dan Maria Vonny Helda Rumampuk S.Kp M.Si M.Kep selaku Surveyer Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) disambut dan diterima langsung oleh Bupati, Wakil Bupati Pati dan segenap jajaran managemen rumah sakit.

Menurut Edhy, verifikasi ini merupakan program lanjutan dari sebelumnya, dimana setiap rumah sakit setelah dilakukan penilaian, entah itu hasilnya utama, madya atau paripurna, setiap tahun harus dilakukan penilaian ulang, Dilakukan penilaian ulang itu untuk melihat apakah Rumah Sakit telah menjalankan program akreditasi dengan baik dan benar atau justru malah sebaliknya. “Verifikasi ini memang tiap tahun dilakukan dan di Rumah Sakit RSUD Soewondo ini, hari ini(14/11) menjalankan verifikasi untuk tahap pertama”, terangnya.

Edhy menambahkan,Verifikasi ini adalah untuk menilai apakah hasil paripurna yang lalu telah 100 persen atau belum. Dalam paripurna ada rekomendasi-rekomendasi yang harus diperbaiki, dievaluasi apakah rekomendasi yang muncul satu tahun kemarin dan satu tahun kedepan ini sudah dilakukan atau belum. “Ini bukan penilaian ulang, hanya verifikasi. Setiap tahun program ini akan diverifikasi, baru nanti pada tahun ketiga akan dilakukan penilaian ulang,” jelas Edhy.

Diungkapkannya pula bahwa verifikasi ini merupakan salah satu bentuk konsistensi, Untuk itu pihak Rumah Sakit di haruskan proaktif dengan mengajukan verifikasi, Namun demikian, Edhy meminta agar para pegawai dan staf RSUD Soewondo tidak terlalu tegang dan berdebar menghadapi verifikasi ini. "Kalau berdebar seperti mau ketemu pacar, berarti ada persoalan. Kalau semua aspek penilaian rutin dilakukan tiap hari, mestinya ya tak perlu deg-degan", ujar Bupati Pati Haryanto menimpali.

Haryanto pun menyambut baik dengan adanya verifikasi ini, "Saya malah senang karena ada pihak luar yang membantu membenahi kualitas rumah sakit, karena RSUD Soewondo Pati ini sekarang kan sudah menjadi rumah sakit rujukan untuk Pantura Timur", terang Haryanto.

Apalagi menurut Bupati, masyarakat kini lebih cerdas dan makin kritis, "Kalau kita tidak sungguh-sungguh membenahi kualitas maka kita akan mudah jadi bahan bully-an netizen saat ada masyarakat yang dikecewakan dengan pelayanan rumah sakit pemerintah", tegas Haryanto.

Reporter : Aditya Eka P S P
Editor : Admin
×
Berita Terbaru Update