Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Dusun I Tangkil Dapat Program PAMSIMAS

Jumat, 17 November 2017 | November 17, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:58:40Z

suakaindonesia.com | Sukabumi - Sebanyak 148 warga Dusun Tangkil Desa Tangkil Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi sejak beberapa bulan lalu telah menikmati air bersih dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).
Pemerintah Pusat menggelontorkan anggaran sebesar 368 juta guna mengalirkan air dari pegunungan


Desa Tangkil Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi Tahun Anggaran 2017 Pemerintah Pusat menggelontorkan hibah sebesar 368 juta dalam bentuk pengadaan Water Meter (meter air) dan pipa merk PVC. Penyaluran air melalui Program PAMSIMAS di Dusun 1 Tangkil bermanfaat untuk 450 yang selama ini kekurangan pasokan air bersih terutama saat musim kemarau. Dari jumlah tersebut pengurus telah menyalurkan baru sebanyak 184 rumah. Sisanya akan terus dilakukan pengurus hingga seluruh warga dusun ini menikmati air bersih.


Satlak Air Bersih Program PAMSIMAS yang kini menjadi Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Syarif Hidayatullah, Maulana Yusuf dan Rahmatullah mengatakan selama ini warga Dusun I Tangkil mengeluh kekurangan air bersih terutama saat musim kemarau. Ketika program tersebut diterima pengelola kini 480 warga Dusun I Tangkil akan memaksimalkan pengelolaannya seperti halnya PDAM.


"Kami menarif Rp 700,-/M3 dan abondemen Rp 5.000,- tiap bulan. Hasilnya untuk pengurus dan perawatan juga kegiatan sosial kemasyarakatan." Kata Syarif Hidayatullah, Maulana Yusuf dan Rahmatullah.


Secara terpisah Sekretaris Desa (Sekdes) Cecep Safery dan Kades Ijang Sehabudin bersyukur warganya mendapat Program PAMSIMAS. Guna memberikan kekuatan dalam pengelolaan oleh Kelompok Kesewadayaan Masyarakat (KKM ) Pemerintah Desa Tangkil tanggal 10 agustus 2015 mengesahkan kepengurusan. Dan kepengurusan tersebut telah dibuatkan Akta Notaris  No: 08 tanggal 18 Agustus 2015.

"Kami berharap melalui pengelolaan yang baik warga Dusun 1 Tangkil akan lebih sejahtera." Kata Cecep Safery.


Warga yang ditemui berharap sumber air yang mereka manfaatkan tidak mengering akibat tumbuh dan berkembangnya industry di wilayah Kecamatan Cidahu. Mereka juga berharap pengelola air bersih terus meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Sebab pemerintah telah memberikan fasilitas ke masyarakat untuk ditumbuh kembangkan.

Reporter :Wahid/Herwanto
Editor      : Admin

×
Berita Terbaru Update