Camat Cicurug Gelar Bimtek Siskeudes - SUAKA INDONESIA

Breaking

SUAKA INDONESIA

Menyuarakan Aspirasi Rakyat

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Jumat, 02 Februari 2018

Camat Cicurug Gelar Bimtek Siskeudes



Sukabumi, suakaindonesia.com - Camat Cicurug Agung Gunawan S.Sos M.Si menggelar bimbingan teknik (Bimtek) system keuangan desa (Siskeudes) dengan nara sumber Kabid Keuangan dan Aset Desa (Ahmad Mujahidin) dan Kasi Perencanaan Keuangan dan Aset Desa (Deviana) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Kegiatan yang digelar di Desa Pasawaha melibatkan Sekretaris Desa, Bendahara dan Operator Siskeudes serta Kepala Desa.



Berdasarkan arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sejak Tahun 2018 terkait perencanaan, penata laksanaan dan pelaporan harus siskeudes Camat Cicurug yang didukung Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Cicurug menggelar bimtek siskeudes. Dan kegiatan InI sekaligus ajang evaluasi dan persiapan pemeriksaan dimana nantinya in put data tersebut akan di verifikasi ulang di tingkat kecamatan dan kabupaten.


Penggagas kegiatan Didi mengatakan kegiatan ini selain untuk memberikan pemahaman akan siskeudes juga agar dalam tidak terjadi kesalahan dalam membuat perencanaan, in put data hingga pelaksanaan. Sebab sumber daya manusia di Desa sangat terbatas begitu juga teknologinya.



Kasi Sarana Prasarana Wilayah (Sarpraswil) Kecamatan Cicurug Purnama Giri mengatakan kegiatan ini bertujuan agar operator siskeudes, bendahara dan sekdes memahami perencanaan, penata laksanaan dan pelaporan melalui siskeudes. Kedepannya akan menghasilkan perencanaan keuangan desa dan APBDes 2018 serta memudahkan melakukan evaluasi serta pemeriksaan. Dan DPMD akan membantu memberikan pembekalan tata cara in put system dan verifikasi system.



Dalam kegiatan ini lanjut Purnama Giri dilibatkan operator siskeudes, bendahara dan sekdes. Seluruh kegiatan dimulai dari operator siskeudes dimana kaitan pengelolaan keuangan berada di tangan bendahara sebagai tata pengelola keuangan desa (TPKD) dan Sekretaris Desa sebagai koordinator.
"Makanya kami membimtek ketiganya selain mereka harus memahami siskeudes juga agar terjalin sinergitas." Kata Purnama Giri.


Reporter : Herwanto/Wahid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar