Gunungan Durian Warnai Festival Durian Di Desa Lolong - SUAKA INDONESIA

Breaking

SUAKA INDONESIA

Menyuarakan Aspirasi Rakyat

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Minggu, 25 Februari 2018

Gunungan Durian Warnai Festival Durian Di Desa Lolong


Pekalongan,suakaindonesia.com -
Festival durian di desa Lolong kecamatan Karanganyar kabupaten Pekalongan, minggu (25/2/2018) berlangsung meriah, acara tersebut dihadiri oleh Bupati Pekalongan H. Arsip Kholbihi S.H, M.Si, Wakil Bupati Pekalongan Hj Ir. Arini Harimurti Ketua DPRD Hj. Hindun, Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan, SH, SIK, M.Si Kepala Dandim 0710 Pekalongan, Letkol Inf, Muhammad Ridha S Kepala Kejaksaan, mantan Bupati Pekalongan, H. Amat Antono .M.Si, OPD kab. Pekalongan dan rombongan DPRD Provinsi Jawa Tengah komisi B

Acara festival durian tahun 2018 di desa Lolong dimeriahkan oleh daerah penghasil durian ditiap-tiap kecamatan dengan  membuat gunungan durian yang  merupakan  andalan dimasing-masing daerahnya. arak-arakan tersebut dimulai pukul 09.00 wib dengan jarak rute 3 km,setiap peserta arak-arakan menampilkan hasil  buminya dengan diiringi seni  budaya andalanya dimasing-masing  kecamatan. Kecamatan yang ikut memeriahkan acara tersebut yaitu Kecamatan Kajen, kecamatan Wiradesa, kecamatan Bojong, kecamatan Kedungwuni, kecamatan Paninggaran, kecamatan doro,kecamatan Talun, kecamatan Karangdadap dan kecamatan Karanganyar serta desa Lolong sendiri yang merupakan penghasil durian andalan.

Kepala dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bambang menyampaikan tujuan diadakan festival ini merupakan ungkapan rasa syukur dari petani yang ada di kabupaten Pekalongan, karena pada tahun ini durian cukup bagus untuk panennya, kegiatan ini dimaksud dalam rangka lebih menginginkan pariwisata di kabupaten Pekalongan yang sangat luar biasa adapun pada acara tersebut diadakan arak-arakan penghasilan durian ditiap-tiap kecamatan dan ada festival seni budaya, lomba durian unggul dan ada lomba fotografi. Dalam kesempatan tersebut Bambang juga menjelaskan terkait tahun 2017 tidak dapat melaksanakan acara seperti tahun ini,menurutnya bahwa tahun kemarin cuaca tidak terlalu baik sehingga pada tahun kemarin tidak dapat dilaksanakan.

Ketua DPRD kabupaten Pekalongan Hj. Hindun juga menyampaikan bahwa dengan adanya festival ini disamping rasa syukur juga bisa untuk mempromosikan kabupaten Pekalongan,bukan hanya ditingkat nasional,tetapi internasional. Ditambahkan pula oleh Hindun bahwa kab.Pekalongan akhir-akhir ini semakin meningkatkan geliat pariwisata kabupaten Pekalongan, termasuk di desa Lolong. Wisata Lolong menurutnya merupakan wisata yang indah, memiliki jembatan yang melengkung, air yang gemercik dan banyak potensi alam yang luar biasa. Hal ini menurutnya perlu dikembangkan dengan memperluas lahan wisata, dan mengharapkan kepada bupati Pekalongan untuk memperluas lahan tersebut, hal itu bisa dilakukan dengan cara memindahkan sekolah dasar (SD) yang berada di tengah-tengah tempat pariwisata tersebut.

Bupati Pekalongan H.Asip Kholbihi dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan mengajak kepada masyarakat untuk mensyukuri dengan cara mengelola alam ini dengan baik jangan merusak,tidak boleh menebang hutan di Lolong, tidak boleh membuang sampah di sungai dan tidak boleh membuang sampah' dijalan menurut beliau semua itu modal apabila Lolong menjadi tujuan atau distinasi wisata tingkat nasional.

Ditambahkanan oleh Asip bahwa beliau sudah mempersiapkan trainer 3 bahasa seperti bahasa cina, bahasa Korea dan  bahan Inggris untuk pemuda-pemudi desa Lolong. Dalam kesempatan tersebut beliau juga mengatakan bahwa dengan festival durian ini , bisa juga untuk ajang silaturahmi,karena dengan  cara ini kita bisa kumpul bersama dan dengan bersilaturahmi menurut beliau bisa mendatangkan rezeki dan panjang umur.


Reporter : MD. Raharjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar