Notification

×

Iklan

Iklan

Korem 061/SK Dan Polres Bogor Bersama 114 Komunitas Gabungan Gelar Karya Bakti Bersih - Bersih Hulu Sungaii Ciliwung

Minggu, 25 Februari 2018 | Februari 25, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:57:01Z

Kabupaten Bogor,suakaindonesia.com – Ribuan relawan dari unsur TNI, Polri, Komunitas peduli lingkungan serta sejumlah ormas melakukan kerja bakti untuk membersihkan Telaga Saat yang berada di kawasan Puncak tepatnya di Kampung Cikoneng, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/2/18).

Kerja bakti Ngalokat Sirah Cai Ciliwung atau membersihkan hulu Sungai Ciliwung itu dipimpin langsung oleh Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana, Kolonel Inf Muhamad Hasan, diikuti Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Kapolres Kabupaten Bogor AKBP Andi Moch Dicky, BPBD Kabupaten Bogor serta intansi terkait lainnya.

Pada kesempatan itu Danrem 061/SK mengatakan, pihaknya juga mengajak 114 komunitas dari berbagai wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Sukabumi, hingga Cianjur bersama sama TNI dan Polri melakukan aksi sosial peduli lingkungan.

“Menjaga lingkungan merupakan bagian penting dalam pertahanan Bangsa. Melalui kegiatan ini, saya ingin mengetuk hati para pemangku kebijakan dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan termasuk Telaga Saat yang merupakan Hulu Sungai Ciliwung ini,” ungkap Danrem 061/Suryakancama, Muhamad Hasan.

Ia menuturkan, Telaga Saat ini
pernah di keruk sekitar 7 tahun yang lalu, kini telaga yang memiliki luas sekitar 6 hektar itu kurang mendapat perhatian dan tidak terawat. Sekitar 80 persen tertutup bulma dan pohon – pohon liar serta mengalami pendangkalan. Selain itu, disini juga merupakan pusat konservasi Elang Jawa yang juga perlu di rawat dan dilestarikan.

“Seharusnya Telaga ini bisa menampung puluhan ribu liter air yang ada disekitarnya, namun dengan kondisinya saat ini hanya 21 persen saja. Sehinga tidak bisa menampung dan berdampak banjir di hilir sungai. Sungai Ciliwung ini berdampak luas untuk semua, apalagi saat meluap awal Februari lalu, dampaknya hingga ke Jakarta,” tuturnya.

Danrem berharap, melalui kegiatan ini bisa merubah rasa kepedulian Pemerintah Daerah dan masyarakat terhadap alam. Hal ini menjadi kewajiban bersama untuk merawat sekaligus mejaga ekositem alam agar tidak berdampak negatif tehadap lingkungan disekitar.

“Mulailah mencintai alam, kembali kepada alam untuk masa depan anak cucu kita,” pungkas Kol. Inf Muhamad Hasan.

Kerja bakti yang melibatkan sekitar 1.200 relawan itu merupakan aksi terbesar yang dilakukan Korem 061 / Suryakancana dalam upaya pelestarian lingkungan. Selain membersihkan pohon-pohon liar atau gulma dari dalam telaga, anggota TNI, Polri, Relawan dari komunitas serta ormas melakukan penanaman pohon di sekitar Telaga Saat dan penebaran benih ikan.

Reporter : Nopi Hidayat (Bule)
×
Berita Terbaru Update