Notification

×

Iklan

Iklan

Pemdes Babakanjaya Gelar Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah

Kamis, 12 Juli 2018 | Juli 12, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:55:34Z

Sukabumi, suakaindonesia.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Babakanjaya, kecamatan Parungkuda, kecamatan Sukabumi, Jawa Barat, menggelar kegiatan pelatihan pengelolaan sampah berskala rumah tangga. Acara tersebut digelar digedung olah raga Desa Babakanjaya. Kamis (12/07).


Kegiatan yang digelar di gedung olah raga tersebut dihadiri oleh Camat Parungkuda Aep Saefulah, Nara sumber Ato Nurwanto, Karang Taruna, tokoh masyarakat dan yang lainnya.


Dalam kegiatan tersebut, Ato Nurwanto sebagai nara sumber dari bank sampah Karya Mandiri Cipanggulaan 07 mengatakan saat sambutannya bahwa sampah itu bisa dikelola.


Pengelolaan sampah dilaksanakan mulai dari sumbernya sampai dengan dilokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Di Indonesia, metode pengelolaan sampah mengikuti metode pengelolaan teknis sampah berdasarkan SNI 03-3242-1994-SK T-12-1991-03 meliputi Pengelolaan sampah di sumber timbunan sampah, pengumpulan sampah dari sumber, pemindahan, pemilahan dan pengelolaan di Tempat Pembuangan Sementara, pengangkutan, pengelolaan TPA.


"Pengelolaan sampah itu adalah upaya untuk mengelola timbunan sampah dengan tujuan untuk menghilangkan dan mengurangi bahaya sampah dan menjadikan sampah bermanfaat," ungkap Ato.


Sementara itu Kepala Desa Babakanjaya, Tresna Sundari mengungkapkan dalam sambutannya bahwa, pelatihan pengelolaan sampah ini merupakan salah satu upaya agar masyarakat semakin mencintai lingkungan dan dapat mengolah sampah bersekala Rumah Tangga.


"Sampah akan diolah menjadi pupuk, dimana pupuk tersebut akan digunakan untuk penanaman pohon di setiap rumah warga," tuturnya.

Lanjut dia, dirinya menegaskan kepada seluruh warga yang hadir, agar wajib menjaga kebersihan serta dapat mengolah Sampah di lingkungan masing - masing.

"Tentunya kami meminta kepada semua masyarakat yang hadir hari ini untuk dapat mengolah sampah dirumahnya masing - masing, agar lingkungannya bersih dan sehat," kata dia.


Kemudian ia menambahkan bahwa, pihaknya ke depan akan menyediakan bank sampah untuk meminimalisir sampah yang dibuang sembarangan.


"Mudah - mudahan dalam waktu dekat ini Program Bank Sampah dapat terlaksana, oleh karena kami menunggu masyarakat agar secepatnya mengajukan kebutuhan untuk penyediaan bank sampah," tutupnya.

Reporter : Herwanto
×
Berita Terbaru Update