Penemuan Makam Raden Surawijaya Rohmat Menambah Catatan Cagar Budaya Di Kabupaten Pati - SUAKA INDONESIA

Breaking

SUAKA INDONESIA

Menyuarakan Aspirasi Rakyat

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Selasa, 03 Juli 2018

Penemuan Makam Raden Surawijaya Rohmat Menambah Catatan Cagar Budaya Di Kabupaten Pati


Pati,suakaindonesia.com - Kedamaian, kenyamanan Dan keindahan Panorama alam yang sejuk baik Segi udara dan keramahan Warga masyarakat Desa Sitimulyo Kecamatan Pucakwangi  yang memiliki jumlah penduduk dengan 850 Orang Kepala Keluarga, yang selalu menebar Senyum Dalam menyambut kedatangan tamu dari manapun.
Hal ini sudah ada sejak dulu yang dilakukan oleh Para Sesepuh mereka (nenek moyang) itu dibuktikan dengan adanya makam Para wali Alloh khususnya ,ditemukan jasad/ Jenasah yang di perkirakan berpuluh-puluh tahun meninggal namun jasadnya masih utuh Di Tempat pemakaman umum yang di temukan para penggali kubur akan melakukan penggalian lubang untuk memakamkan warga yang meninggal. (04/07/2018).

Sumber informasi tersebut dan didapatkan Oleh Anggota TNI AD dari Kodim 0718 Pati Bidang Penerangan ( Serda Muhdi kusno.red ) disela - sela Malam itu Berziarah Bersama ulama Kyai Zuhri dari Pimpinan Ponpes Rohudlotul Falah Kecamatan trangkil bersama Rombongan .


Ditemani para warga Dan para ulama termasuk Kyai Zuhri salah satu Juru Kunci Makam Hartono mengatakan Kepada Pendim 0718 / Pati , bahwa pada saat warga Sitimulyo mau menggali Lubang tanah untuk Jenasah warga dengan ukuran kurang lebih 1,5 meter Penggali tersebut kaget melihat ada jenasah yang masih utuh baik itu kain kafan dan tubuh Jenasah .

Pada akhirnya Para penggali dan warga
Tidak meruskan penggalian tersebut dan dilakukan pindah bikin galian disebelahnya, hasil temuan tersebut para tokoh Adat dan agama mengharapkan bantuan para kyai Wilayah Puncak Wangi untuk menjadi pertimbangan Memberi nama Makam tersebut dengan nama  Silsilah R. Surawijaya Rohmad Dengan sebutan ( Mbah Utuh ).


Maka makam tersebut terus dilakukan pembangunan yang sumber Dananya dari Swadaya masyarakat Dan para Donatur yang memasukkan khas saat Berziarah, dan diharapkan adanya penemuan makam tersebut diharapkan bisa menjadi obyek wisata religi Sekaligus Menambah catatan Cagar budaya Kabupaten pati, Termasuk Makam Pangeran Benowo yang masih Satu Wilayah Kecamatan Puncak Wangi.


Warga sekitar berharap pada pemerintahan daerah atau Pemkab Pati khususnya Bupati dan wakil Bupati Pati
Bersedia untuk Meninjau Lokasi makam (mbah utuh) R.Surawijaya Rohmad ,dan bersedia untuk membantu  guna Renovasi Baik Pagar makam dan Tempat untuk Berziarah Para pengunjung (peziarah).

Redaksi/Pdim

1 komentar:

  1. Maff mw tanya makam R. Sura wijaya tuh bener d daerah situ??? Surawijaya d desa ku juga ad.

    BalasHapus