Notification

×

Iklan

Iklan

Bendera Raksasa Merah Putih Terbentang Di Situs Gunung Munara Rumpin

Senin, 13 Agustus 2018 | Agustus 13, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:55:25Z

Kabupaten Bogor,suakaindonesia.com -Menyambut HUT RI Ke-73 Bendera raksasa dengan Lebar 6 meter dan panjang 22 meter berhasil dikibarkan di Situs Gunung Munara Desa Kp. Sawah Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, Minggu (12/08/18), pada pukul 16.00  WIB.

Setelah diserahkan oleh Camat Rumpin yang diwakili, ratusan berbagai Komunitas Penggiat Lingkungan, Purnapaskibra, Masyarakat dan Tokoh Pemuda, langsung mengarak yang diiringi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di ruas jalan utama Prada Samlawi menuju lokasi pengibaran.

Ketua Panitia Pengibar Bendera, Mulya Diva menuturkan, pengibaran bendera ini sudah ke empat kalinya di Situs Gunung Munara. Namun untuk tahun ini, ukuran dan panjang tidak jauh dari tahun sebelumnya, hanya ukuran 6X22 meter.

"Setelah diserahkan oleh Camat Rumpin yang diwakili, kami mengarak Bendera ini ke titik yang akan dikibarkan di Situs Gunung Munara. Pengarakan tersebut turut hadir Komunitas Thegren dan Tokoh Masyarakat dan Pemuda," ucap Ozos sapaan akrabnya.

Ia mengaku, pengibaran Bendera dilakukan lebih awal karena terbentur dengan acara yang sering dilakukan di pusat Kecamatan Rumpin. Sebab, setiap  bulan Agustus Kecamatan Rumpin selalu berbeda dengan Kecamatan yang lainnya di Kabupaten Bogor. Bendera tersebut dikibarkan selama satu minggu terhitung dari tanggal 14 - 19 Agustus 2018.

"Kita kibarkan lebih awal karena dari tahun ke tahunnya suka begitu. Kalau di barengi kita mentok dengan jadwal yang di pusat Kecamatan Rumpin yang padat dengan kegiatan," ujarnya.

Menurutnya, acara sengaja di lakukan selain HUT RI Ke-73 mengenang para Pahlawan yang sudah memerdekakan Bangsa ini dengan hasil perjuangan. Terlebih, catatan sejarah bahwa Kecamatan Rumpin telah terjadi peperangan Repolusi Pisik pada tahun 1945 untuk mempertahankan kemerdekaan.
"Untuk acara puncaknya pada 17 Agustus pagi kita melaksanakan Upacara Bendera dengan melibatkan elemen Masyarakat dan para Komunitas serta Pengunjung. Cuma kita berbeda kalau Upacara nanti di munara dari cara konsepnya," ujarnya.

Suryana Ketua Purna Pasukan Pengibar Bendera Kecamatan Rumpin, pertama kali Purnapaskibra ikut dalam perayaan HUT RI Ke-73 di Situs Gunung Munara, akan tetapi menjadi agenda rutintas setiap tahun yang dilakukan oleh berbagai Komunitas, lebih dari 5 anggota purna dari berbagai angkatan.

"Allhamduliah acaranya sudah selesai, para Purna Paskibra yang terlibat pasukan tahun kemarin. Namun untuk tahun ini Purnapaskibra berlatih untuk mematangkan persiapan pengibar di Lapangan Stadion Mini Kecamatan Rumpin," ujarnya.

Sementara, Kapten Inf. Marwoto selaku Danramil Rumpin menambahkan, kegiatan ini merupakan acara rutin yang dilakukan setiap tahun oleh Maayarakat Rumpin untuk merayakan hari Kemerdekaan,  untuk tahun ini, selain di Situs Gunung Munarah, acara pengibaran juga di laksanakan di Gungung Haur Desa Rabak yang dilaksanakan dalam waktu bersamaan.

"Kita harus menghormati para Pejuang Kemerdekaan yang telah gugur. Saya berharap pada masyarakat Kecamatan Rumpin agar terus memajukan Rumpin keakan lebih baik. Sebab, kalian adalah tunas mudah dan penerus Bangsa," ungkap Kapten Inf. Marwoto.
Reporter : Nopi Hidayat (Bule)
×
Berita Terbaru Update