KKN 52 Tematik,Terintegritas Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Ibnu Khaldun Bogor Bersama Warga Cibeber Leuwiliang - SUAKA INDONESIA

Breaking

SUAKA INDONESIA

Menyuarakan Aspirasi Rakyat

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Kamis, 23 Agustus 2018

KKN 52 Tematik,Terintegritas Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Ibnu Khaldun Bogor Bersama Warga Cibeber Leuwiliang


Kota Bogor,suakaindonesia.com - Sebaik -baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, Hadits ini merupakan gambaran dari pentingnya kebermanfaatan ilmu yang telah diperoleh seseorang.
Hal ini pula yang coba dilakukan oleh Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Ibnu Khaldun ( UIKA ) Jalan Raya Kedung Badak Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor  Jawabarat, sejak 17 hari yang lalu terhitung dari tanggal 07 Agustus - 07 September 2018 tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) di Desa Cibeber 1 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, Jumat ( 23/08 ).



Kelompok Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) yang beranggotakan 14 Mahasiswa - mahasiwi UIKA dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat ini dipimpin dan diketuai oleh Muhamad Fachri Fakultas SKM Semester 7 ini membuka program di desa Cibeber 1 sesuai dengan bidang dan jurusan masing - masing yang mana kegiatan ini sangat antusias sekali diterima oleh Warga desa Cibeber baik Kepala desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta kegiatan ini paling di terima oleh kaum Ibu - ibu juga Lansia.



Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Ketika berada di tengah Masyarakat dan Mahasiswa - mahasiswi diharapkan melakukan tahapan kegiatan Observasi, Identifikasi, Analisa dan solusi sambil membaur dengan lingkungan setempat, semoga KKN ini banyak sekali membantu masyarakat dikalangan menengah ke bawah.

Program KKN 52 Tematik, Terintegritas Universitas Ibnu Khaldun menyajikan berbagai program di beberapa wilayah desa Cibeber 1 misalnya, Memberikan pengajaran di Madrasah Ibtidyah ( MI ), Membuka Bimbingan Belajar di Kp. Hegarmanah Rw. 04 Desa Cibeber 1, Mengajar di Taman Pendidikan Al Qur'an, Kerja Bakti/Jumsih bersama Warga, Memberikan pengobatan Tibbun Nabawi ( Pengobatan ajaran ala Rosul ) seperti Bekam, Bersinergi bersama Warga Desa Cibeber 1 melaksanakan gerak jalan sehat dalam rangka memeriahkan HUT RI ke- 73.

Selain itu juga banyak hal lainya yang dilakukan oleh Mahasiswa - mahasiswi yang sedang KKN 52 Tematik, Terintegritas dan sampai hari ini banyak sekali membantu di bidang Kesehatan diantaranya, membantu tenaga Kesehatan yang rutin dilaksanakan di beberapa Posyandu dan Poskesdes dengan memberikan asupan Vitamin A, memberikan Imunisasi Polio Campak dan lain - lain.

Seperti halnya apa yang dituturkan oleh M. Fahri kepada Awak Media, "Kita sedang mengupayakan kepada Kepala Desa Cibeber 1 juga kepada Instansi terkait lainnya, dalam hal ini PDAM Kabupaten Bogor yang dibawa di Musrenbangdes supaya di buatkan Bak Penampungan Air Bersih dari PDAM untuk disalurkan ke Warga yang sangat membutuhkan Air Bersih untuk di konsumsi, karena selama ini Warga masyarakat Desa Cibeber 1 tersebut menggunakan air yang sangat tidak layak untuk dikonsumsi karena airnya kotor ke kuning kuningan".

Hal senada juga dibenarkan oleh Prawitra Azhari robby,  salahsatu Mahasiswa yang sedang KKN,  "Kita berharap mudah - mudahan keinginan Warga Desa Cibeber 1 bisa cepat terwujud,  sehingga Warga tidak lagi mengalami kesulitan untuk air bersih".

Reporter : Nopi Hidayat (Bule)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar