Notification

×

Iklan

Iklan

Sosialisasi Pembuatan Akta Kelahiran Online Disdukcapil Dengan MPB dan IWO Bogor Raya

Senin, 20 Agustus 2018 | Agustus 20, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:55:23Z

Kabupaten Bogor,suakaindonesia.com -Dibuka oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Ahmad Sopian acara sosialisasi pembuatan akta kelahiran via online semangat.kab.bogorgo.id, dilaksanakan di ruang rapat lt.2 gedung Disdukcapil Pemda Cibinong, Kamis lalu (16/08).

Diikuti oleh Lembaga Masyarakat Pejuang Bogor (MPB) dan Awak media dijelaskan tentang alur pembuatan akta kelahiran secara online.

"Ada Produk hukum 14 status kewarganegaraan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil salah satunya adalah pembuatan akta kelahiran", ungkapnya didampingi kabid pelayanan, Trini serta M. Naseh juga staf lainnya.

semangat.bogorkab.go.id adalah produk disdukcapil untuk mempermudah masyarakat membuat akta kelahiran dengan sistem online hingga masyarakat tidak perlu antri seperti pembuatan manual.


Lebih lanjut Ketua MPB  Atiek Yulis Setyowati dalam acara tersebut mengapresiasi adanya Online Pembuatan akta kelahiran ini, dan mengungkapkan, " ini pertama kali untuk kami, harus ada pelatihan lanjutan hingga anggota relawan militan MPB dapat turut membantu masyarakat secara nyata di berbagai kecamatan tempat tinggalnya lewat aplikasi online ini", ungkapnya.


Senada dengan ketua MPB, Ketua Ikatan Wartawan Online, Didin yang akrab disapa Brodin ini mengungkapkan, "jika masyarakat gunakan aplikasi ini, tidak perlu antri dan jadi hanya 5 hari kerja, namun sumber daya kader, relawan harus ditambah, dibekali ilmunya agar dapat efektif dan efisien membantu masyarakat dari mulai daftar online via web atau portal tersebut, mengingat banyaknya penduduk di kab Bogor, " imbuhnya.



Ditempat terpisah Wawah (35) mengungkapkan kekecewaan karena akta kelahiran anaknya belum juga selesai di program Dinas Pendidikan dan Disdukcapil kab Bogor.

"Belum jadi akta kelahirannya anak saya yang sekolah di SMP, setelah program itu berkas dan uang administrasi sudah diselesaikan, namun hingga satu setengah tahun menunggu tak ada kejelasan pasti", ungkapnya Minggu (19/08).


"Mudah-mudahan adanya pelayanan online semangat.kabbogor.go.id ini dapat menjadi penuntasan masalah khususnya di kabupaten Bogor", tambahnya.


Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan kemudahan dalam pengurusan dokumen kependudukan khususnya akta kelahiran, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah menyediakan fasilitas pelayanan online SEMANGAT (Servis Efisien Melalui Adminduk oNline Gratis Akurat dan Terintegrasi) dengan melakukan pendaftaran melalui alamat website kami di https://semangat.bogorkab.go.id dimana masyarakat cukup mempersiapkan nomor Kartu Keluarga dan berkas persyaratan yang akan diupload dalam aplikasi online tersebut.
( Bule / IWO)
×
Berita Terbaru Update