Pembangunan Gorong Gorong Di Desa Tanjang Tanpa Kejelasan - SUAKA INDONESIA

Breaking

SUAKA INDONESIA

Menyuarakan Aspirasi Rakyat

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Minggu, 03 Mei 2020

Pembangunan Gorong Gorong Di Desa Tanjang Tanpa Kejelasan


Pembangunan Gorong Gorong Desa Tanjang


Pati,Suakaindonesia.com – Proyek pekerjaan pembangunan gorong-gorong di Desa Tanjang, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati tepatnya di lokasi Pertigaan RT.05 RW.01 dinyatakan sudah selesai selanjutnya tinggal menunggu kering untuk dilakukan pencopotan papan cor serta bambu yang dijadikan tiang penyangga cor dibangun gorong gorong tersebut.

Memang Proyek pekerjaan pembangunan gorong-gorong  itu yang semula tidak jelas sumber dana nya itu hampir selesai, Karena Pembangunan gorong gorong tersebut tidak ada papan informasi sebagai bahan penjelasan perihal pembangunan tersebut. Yang dimaksud berkaitan dengan penjelasan gorong-gorong, mulai dari anggaran pembiayaan(Sumber Dana.red),Spek maupun ukuran bangunan yang semestinya dipasang sebagai bahan informasi keterbukaan publik pembangunan tingkat desa kepada warganya.

Dan Dalam Pelaksanaan Pembangunan gorong gorong yang terletak di RT.05 RW.01 tersebut diduga tumpang tindih, Pasalnya Dalam Pembangunan gorong gorong tersebut tidak dilakukan pembongkaran Pembangunan gorong gorong yang lama , Melainkan bekas gorong gorong lama langsung ditumpangi pemasangan batu penahan tanah tanpa di gali terlebih dahulu.

Saat di temui Di Ruang Kepala Desa Tanjang Kades Tanjang Jomo menyampaikan bahwa kegiatan pembangunan gorong gorong yang terletak di RT.05 RW.01 Bersumber dari Dana Desa termin pertama. Saat di tanya soal di papan informasi Pembangunan gorong gorong tersebut  dan tanpa dilakukan pembongkaran bangunan lama Kades tidak mengetahuinya.

"Pembangunan gorong gorong itu dianggarkan dari DD (Dana Desa.red). Untuk masalah itu saya tidak tau , lebih jelasnya tak panggilkan TPK nya yang menangani" jelas Jomo Kades Tanjang saat di temui di ruangannya (28/4/2020).

Sedangkan TPK Desa saat di singgung terkait papan informasi dan Soal Pembangunan lama tanpa dilakukan pembongkaran bangunan lama Karsiman menyampaikan bahwa papan informasi seakan menjadi tanggung jawab Sekdes.

Saya sudah matur (berbicara) dengan pak carik (sekretaris desa) untuk segera dibuatkan banner tentang penerapan papan informasi pekerjaan pembangunan gorong-gorong. Tapi, kata Sekdes masih mempersiapkan segala sesuatunya", Ungkap TPK Yang menangani (28/4/2020).

Pihaknya menambahkan, kalau dari pemerintah desa Tanjang melalui Sekdes sudah memesan banner di percetakan Tambakromo. Akan tetapi, hingga saat ini nyatanya masih juga belum jadi. Kalau telah jadi, secepatnya pihaknya akan memasang papan banner informasi yang memang seharusnya dipajang untuk diketahui bersama masyarakat sebagai langkah edukasi berkaitan dengan informasi keterbukaan publik. Kemudian, masyarakat berhak tahu akan hal itu dan kegiatan perencanaan pembangunan maupun roda pemerintah desanya.

Karena belum dipasangnya papan banner sebagai informasi, akhirnya tak bisa diketahui bersama secara luas di masyarakat. Yang tentu dalam hal ini diketahui oleh perangkat desa semata yang memang sesuai dengan tugas perencanaan pelaksanaan pembangunan dan dalam hal ini adalah pembangunan gorong-gorong.

Di saat bersamaan, pihaknya menyinggung pengelolaan bantuan dari pemerintah. Bantuan sosial itu ditujukan kepada masyarakat dengan prioritasnya yang paling terdampak terhadap merebaknya wabah corona virus (covid-19).

Saat ini sedang menangani bantuan sosial oleh pemerintah. Program bantuan langsung tunai (BLT) yang diambilkan dari dana desa (DD) termasuk di dalamnya juga berkaitan dengan refocusing anggaran di desa,” Imbuhnya Jomo Kades Tanjang.


Reporter : Bam'S


Tidak ada komentar:

Posting Komentar