Notification

×

Iklan

Iklan

Karang Taruna SARI KAMANDOWO Bersama Pemdes Talun Laksanakan Giat Tanam 10 Ribu Pohon

Jumat, 07 Januari 2022 | Januari 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:53:38Z

 



Pati,suakaindonesia.com - Sebagai upaya melestarikan alam dan program penghijauan, Karang Taruna "SARI KAMANDOWO" Desa Talun, Kecamatan Kayen melaksanakan Kegiatan peduli lingkungan dengan melakukan penanaman pohon sejumlah kurang lebih 10 ribu bibit Pohon dimulai dari Pintu masuk Wisata Pemancingan dan sepanjang tanggul sungai desa setempat pada Jum’at (7/1/2022). 


Dalam kegiatan tersebut Turut hadir Anggota Polsek Kayen, Anggota Koramil 04 Kayen, Kepala Desa Beserta Perangkat Desa Talun, Ansor, Banser,IPNU-IPPNU setempat, yayasan madrasah, Upzisnu.




Ketua Karang Taruna Sari Kamandowo, Desa Talun, Muhammad Anis Fuad mengatakan penanaman pohon untuk menjaga lingkungan. Selain itu, setelah tumbuh besar dan rindang bermanfaat untuk tempat berteduh. 



"Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan tanam pohon Kurang lebih sebanyak 10 ribu Pohon, Kegiatan ini didukung oleh Pemdes Talun, organisasi elemen masyarakat seperti Ansor, Banser, IPNU-IPPNU setempat, yayasan madrasah, Upzisnu semuanya kompak terlibat," kata Anis seusai penanaman. 



Penanaman pohon di sepanjang Jalan Masuk wisata dan tanggul sungai jelas bisa menjadi ekosistem dalam menjaga kelestarian alam di sekitar, Serta bertujuan sebagai daerah serapan air, Termasuk dari bencana banjir dan tanah longsor yang mengakibatkan aliran sungai rusak. 



Ia menjelaskan, bibit pohon yang ditanam ini jenisnya bermacam-macam, di antaranya Sengon, Ketapang Kencana, Balsa, pohon buah Nangka, Durian, sirsak dan Alpukat

"Penanaman bibit pohon di bantaran sunga dengan kurang lebih sepanjang 5 KM, Kemudian di depan makam, samping jalan desa, termasuk di lapangan. Karena di sini juga butuh untuk penghijauan juga," ungkapnya.


 

Pihaknya berharap dengan aksi penanaman bibit pohon ini timbul kesadaran masyarakat terhadap penghijauan yang selama ini dinilai masih kurang, "jadi, mari bersama-sama menjaga dan meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan," imbuhnya. 



Sekretaris Desa Talun Syaifudin menyatakan menanam pohon adalah investasi jangka panjang yang dapat meningkatkan ekosistem. Selain itu, pohon dapat digunakan untuk memaksimalkan keteduhan. 

"Kami selaku pemerintah Desa sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh Karang Taruna, Dan hari ini ada Penanaman pohon sekitar 10 ribu pohon" terang Sekdes. 



Masih Lanjutnya, "Adapun yang di tanam pohon keras dan pohon buah yang tentunya membawa manfaat kedepannya. Atas terlaksananya kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dari berbagai kalangan, Tentunya dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih Pada YSKI (Yayasan Suara Kabar Indonesia) yang sudah mengupayakan pemberian bibit pohon dan Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Pemali Juwana Provinsi Jawa tengah yang sudah menyediakan bibit" Pungkasnya.


Redaksi

×
Berita Terbaru Update