Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Cara Pemdes Tlogosari Untuk Lestarikan Budaya

Sabtu, 18 Juni 2022 | Juni 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:53:32Z


Pati,suakaindonesia.com - Desa Tlogosari, adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Desa ini punya cara unik dalam melestarikan kebudayaan dan menjaga tradisi lokal.


Tradisi yang dilaksanakan Bersih Desa atau yang sering di sebut Sedekah Bumi pada bulan Apit dalam penanggalan Jawa digelar cukup meriah dengan berbagai macam kesenian tradisional dan kegiatan keagamaan, seperti arak-arakan gunungan hasil bumi, pagelaran wayang kulit dan pengajian.


Bulan Apit yang jatuh setelah Syawal dan sebelum bulan Dzulkijah (bulan haji), Apit juga berarti "kecepit" karena berada antara Idul Fitri dan Idul Adha.


Tak hanya melestarikan tradisi dan kebudayaan lokal saja, tradisi Apitan, atau yang dikenal masyarakat dengan istilah "Sedekah Bumi" merupakan bentuk rasa rasa syukur atas rizki yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.


Ketika Ditemui awak media Kepala Desa (Kades) Tlogosari, Ali Rohmat tidak bisa menybunyikan raut muka yang bahagia penuh suka cita berbaur dengan kerumunan warga pada puncak acara.


"Alkhamdulillah acara berjalan dengan lancar, terimakaih buat semua elemet yang terlibat dalam kegiatan ini," Ujar Ali, Sabtu (18/6/2022)


Salah satu warga desa Tlogosari, yang larut dalam uforia, kepada wartawan mengungkapkan kebahagianya, sebab ini dapat menikmatai kegiatan yang di nanti semua warga.


"Seneng mas, amergo wes oleh ono tanggapan (senang mas, sebab sudah di perbolehkan mengadakan pertunjukan," Ungkapnya dengan girang.

Dan acara tidak hari ini saja melainkan Pelaksanaan kegiatan bersih Desa berjalan selama 5 hari berturut turut di sejumlah lokasi di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu.


Reporter : Bam's 

×
Berita Terbaru Update