Notification

×

Iklan

Iklan

16 Wisatawan Terselamatkan Dalam Peristiwa Letusan Freatik Di Kawah Sileri

Minggu, 02 Juli 2017 | Juli 02, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:59:19Z

BANYUMAS, Media Target Buser News – Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, Desa Kepakisan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Pada Minggu (02-07-2017) telah terjadi Letusan gas  (freatik) dilaporkan terjadi di area sekitar kawasan Kawah Sileri.

Kepada Media Target Buser News Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surip, yang dihubungi via phone pada sore tadi mengatakan, bahwa letusan freatik itu terjadi pada pukul 12.00 WIB.

“Tinggi letusan mencapai hingga 50 meter, sampai ke parkiran ‘waterboom’. Tidak ada korban jiwa akibat letusan itu,” katanya sebagaimana dikutip Antara.

Data yang dihimpun oleh Media Target Buser News , hingga saat saat ini dalam kejadian tersebut ada 16 wisatawan di sekitar Kawah Sileri. Dan 16 wisatawan tersebut mengalami luka ringan dan saat ini sedang mendapat perawatan ringan di Puskesmas Batur, ke 16 wisatawan dari berbagai wilayah dan sebagai berikut data para wisatawan, 1. Sdr. Mirotun, 30 th, islam, alamat Desa Sabrang Kec. Peninggaran Kab. Pekalongan tidak ada luka (hanya terkena lumpur),2. Sdri. Ayu Nur Aeni, 10 th, alamat sda, luka tidak ada (terkena lumpur),3. Sdri. Muzaefah, 32 th, alamat sda, tidak ada luka (terkena lumpur),4. Sdri. Haromi, 55 th, alamat sda, luka ibu jari kaki kanan terkilir,5. Sdri. Heti Handayani, 13 th, alamat sda, tidak ada (terkena lumpur),6. Sdri. Nur Holisoh, 24 th, alamat sda, luka tangan kiri lecet2, 7. Sdri. Zulfa Yanti, 9 th, alamat sda, tidak ada luka (terkena lumpur),8. Sdr. Badru Utamam, 37 th, alamat sda, luka lecet2 dikaki ,9. Sdr. Moh Fidsa Aswa Muzafar, 2 th, alamat sda, luka lecet diatas telinga sebelah kiri dan lengan kanan, 10. Sdr. Muh Zahromi, 50 th, Sopir, alamat sda, luka tdk ada, 11. Sdr. Mutamimah, 31 th, swasta, alamat sda, tdk ada luka, 12. Sdri. Siti Hudifah, 30 th, alamat sda, tdk ada luka, 13. Sdri. Muainah, 44 th, islam, alamat Ds. Kauman Rt Kec. Peninggaran Pekalongan luka yg dialami patah tertutup lengan sebelah kiri. (Akan dirujuk ke Pekalongan), 14. Sdri. Toyibah, 50 th, alamat sda, tdk ada luka / kaget, 15. Sdri. Nurbaiti, 12 th, alamat sda, tidak ada luka /kaget, 16. Sdri. Cucu Nofalia, 26 th,alamat sda, luka tdk ada / sesak napas.

Di kutip dari Kata Surip,  PVMBG bahwa sejak tanggal 24 Juni 2017 telah merekomendasikan radius bahaya hingga mencapai 100 meter. “Dengan kejadian ini, kami belum mengetahui apakah radius bahaya akan diperluas atau tidak,Itu Tergantung dari pusat, kami masih mengumpulkan data-datanya” cerita Surip

Saat dihubungi secara terpisah, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman mengatakan pihaknya sedang menulusuri lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan pendataan.

Atas kejadian peristiwa tersebut demi keamanan dan keselamatan maka objek wisata Kawah Sileri untuk sementara ditutup hingga peristiwa tersebut dinyatakan aman maka akan di buka kembali.
Reporter. : Bam'S

×
Berita Terbaru Update