Sejarah Ki Ageng Darmoyono - SUAKA INDONESIA

Breaking

SUAKA INDONESIA

Menyuarakan Aspirasi Rakyat

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Kamis, 10 Mei 2018

Sejarah Ki Ageng Darmoyono


Pati,suakaindonesia.com - Ki Ageng Darmoyono adalah keturunan Bangsawan Ki Ageng Dharmoyono (Ki Gede Miyono) adalah putra dari Pasangan Empu Supo (Supo Madu Rangin) dengan Dewi Sari (Sarifah) Adik Kandung Raden Sahid (Sunan Kalijaga), Raden Sahid (Sunan Kalijaga) Dan Dewi Sari (Sarifah) adalah putra  dari R. Ahmad Sahur Bupati Wilotikto Tuban, Sedangkan ayahnda Ki Ageng Darmoyono ada Putra dari Empu Supondriyo (Dharmokusumo) bin Maulana Ainul Yaqin (Sunan Giri).


Ki Ageng Darmoyono Mengembara dengan meninggalkan kemewahan, pengembaraan Ki Ageng Darmoyono untuk Dakwah mensyiarkan Agama Allah yaitu Agama Islam, Ki Ageng Darmoyono meninggalkan Kabupaten Tuban Jawa Timur, datang ke sebuah Desa Tohyaning salah satu Desa di kabupaten Pati Jawa tengah , Desa Tohyaning pada saat itu penduduknya memeluk Agama Hindu.

Sebelum kedatangan Ki Ageng Dharmoyono, Desa Tohyaning merupakan sebuah tempat yang diyakini masyarakat sebagai pusat penyebaran agama Hindu, sekaligus pusat Pemerintahan sebuah kerajaan yang ada hubungannya dengan cerita rakyat Babad Tanah Jawa.


Ki Ageng Darmoyono datang di Desa Tohyaning (Telaga air jernih) yang sering disebut Desa Miyono pada abad ke 14 Masehi, Ki Ageng Darmoyono datang ke Desa Miyono dengan tujuan dakwah menyebarkan Agama Islam dengan cara kejawen (Tatanan orang Jawa), Dan atas pertolongan Allah SWT dengan Disertai usaha yang gigih, Ki Ageng Darmoyono berhasil menyebarkan agama yang dianutnya yaitu Agama Islam sehingga Ki Ageng Darmoyono dijuluki sebagai Ki Anut (penduduk Miyono anut), Ki Ageng Darmoyono terkenal dengan sesebutan Mbah Anut (sesepuh yang di anut/di ikuti) Ki Ageng Darmoyono juga terkenal Ki Miyono/Ki Yono (Kyai Sakti yang mukim di Miyono).


Dalam perjuangan menyebarkan Agama Islam Desa Miyono Ki Ageng Darmoyono dengan dibantu Ketiga saudaranya yakni
Ki Ageng Darmoyoso Breganjing (Mbah Hyang Darmoyoso Surgi Breganjing / Empu Breganjing Cengkalsewu) yang di makamkan di Desa Cengkalsewu Kecamatan Sukolilo.

Penulis : Bambang
Di ambil dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar