Notification

×

Iklan

Iklan

Anggota Pramuka Belajar Jurnalistik Bareng Forum Wartawan Pati

Minggu, 15 Juli 2018 | Juli 15, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:55:32Z

Pati,suakaindonesia.com - Sangga Anggota Komunitas (SAKO) Pramuka Penegak telah mengikuti latihan Jurnalistik bersama Forum Wartawan Pati (FWP) yang diwakili oleh Wiwik Wicaksono, selain pengertian tentang jurnalistik juga dikenalkan tentang Lingkungan hidup (LH) yang jadi juru bicaranya dibawakan oleh Ratna Septi Anggrahenie seorang perempuan yang aktif sebagai Seniwati dan Pecinta Alam, Minggu (15/07/2018).



Minimal dengan berbekal materi dasar jurnalistik para Pramuka diharapkan capaian hasil kegiatan yang sudah dijadwalkan, benar-benar maksimal. Sehingga kelak tulisan yang mereka hasilkan bisa menjadi catatan dan informasi yang bermanfaat bagi daerah sendiri, dan juga generasi di masa mendatang dalam bentuk tulisan yang dibukukan.

Dalam Kegiatan tersebut Wiwid Pimpinan Redaksi Kabar Pati Menyampaikan tentang kemampuan menulis karena tulisan jurnalistik jelas berbeda dengan tulisan  secara umum. ''Hal itu bisa dimulai dari belajar menulis di majalah dinding sekolah, karena dasar-dasar penulisan jurnalistik tentu tak jauh berbeda,''terang Wiwid.



Prinsip dalam penulisan jurnalistik, masih kata dia, tentu harus memenuhi kaidah 5W + 1 H karena dengan kaidah tersebut berarti syarat dasar penulisan jurnalistik benar-benar memenuhi kunci dalam menulis. Sedangkan yang tidak kalah penting, wartawan dalam menulis diharuskan turun ke lapangan untuk memperoleh materi berita secara langsung.


Dan untuk menulis sebuah berita, wartawan diharuskan memiliki kelengkapan dalam penyampaian informasi yang disusun hingga menjadi sebuah berita, di antaranya kamera, alat perekam, dan juga memiliki sebuah elektronik untuk mengemas sebuah informasi menjadi sebuah berita yang sekarang ini sudah cukup canggih, Yakni, berupa komputer atau laptop, netbook dan yang sekarang cukup menggunakan HP jenis android dengan paketan internet.

Setelah memberikan pengertian dan cara menulis sebuah berita selayaknya Wartawan sungguhan para anak Pramuka di pinta oleh Wiwid menulis karya tulisnya yang dikemas menjadi sebuah berita .


 ''Dengan demikian, sekarang mulailah menulis untuk mengawali dalam berkarya di bidang jurnalistik,''pungkas Wiwid.

Reporter : Bam'S
×
Berita Terbaru Update