Notification

×

Iklan

Iklan

UMK Pati Masih Menunggu Pengumuman UMP Jawa Tengah

Kamis, 03 November 2022 | November 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:53:02Z

 

Kantor Dinas Tenaga Kerja
Kabupaten Pati 


Pati,suakaindonesia.com - Pemerintah Kabupaten Pati hingga saat ini, pada awal bulan November 2022 masih terus Membahas terkait Besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK). Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang Nantinya akan dijadikan patokan sebagai gaji oleh perusahaan di daerah Kabupaten Pati , Dan Hasil Dari pembahasan tersebut yang nantinya akan disepakati Bersama Terkait berapa besaran UMK Kabupaten Pati tahun 2023. 


Pemkab Pati melalui, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Bambang Agus Yunianto mengatakan, saat ini pihaknya dengan jajaran terkait masih koordinasi awal membahas intens menentukan UMK 2023. 


"Bersama dengan Dewan Pengupahan, Disnaker rapat pendahuluan membahas penetapan UMK. Dari unsur pemerintah daerah, Badan Pusat Statistik (BPS), Serikat Pekerja, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), serta dari kalangan akademisi," ujarnya yang ditulis Kamis (3/11/2022). 


Dan Tak cukup di sini, Disnaker dengan dewan pengupahan itu akan kembali menggelar rapat lanjutan. Karena menurut Bambang, di antara mereka ada yang minta ganti. Sehingga melalui pertemuan itu bisa menjalin komunikasi terkait penetapan besaran UMK. 


"Rapat lanjutan bersama dengan Dewan Pengupahan (penetapan UMK) akan dilakukan setelah UMP (Upah Minimum Provinsi) Jawa Tengah diumumkan pada 21 November nanti," jelasnya. 


Penghitungan UMK , Masih lanjutnya, mengacu berdasarkan inflasi atau pertumbuhan ekonomi suatu daerah, Dan Pada tahun 2021 inflasi di Kabupaten Pati 1,28 persen, sedangkan dirinya belum tahu persis untuk tahun 2022 ini.


Sehingga, dia mengaku masih membutuhkan data dari BPS untuk menentukannya. "(di antaranya) konsumsi per kapita, rata-rata jumlah anggota rumah tangga, dan rata-rata anggota rumah tangga yang bekerja. Ketiga data itu belum dirilis BPS," pungkasnya.



Redaksi 

×
Berita Terbaru Update