Notification

×

Iklan

Iklan

Pemerintahan Kabupaten Pati Ajak Pemerintahan Pusat Untuk Tidak Impor Beras Dan Mengajak Membeli Hasil Panen Para Petani

Rabu, 07 Februari 2018 | Februari 07, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T10:57:17Z



Pati,suakaindonesia.com - Dalam Rangka Pelaksanaan Panen Raya yang Berlangsung di Hamparan Sawah turut Desa Wotan Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, Dalam kegiatan dengan membawa tema" Tanam, Panen Padi dan Temu Wicara Bersama Menteri Pertanian" dengan di hadiri sekitar 3000 orang, pada Rabu (07/02/2018).


Turut hadir Dalam kegiatan tersebut, Menteri Pertanian RI Dr.Ir. H. Andi Amran Sulaiman, Aster Kasad Mayjen TNI Supartodi, Kasdam IV / Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, Aster Kasdam IV/Dip Kol Inf Amrin Ibrahim, Sarkawi Rauf Ketua KPPU (Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Pusat). Dirjen tanaman pangan Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sumardjo Gatot Irianto, MS. DAA, Anggota DPD RI Hj. Denty Eka Widi Pratiwi, S.E., M.H,  Dirjen PDN Kemendag RI Tjahya Widayanti,  Staf Kementan RI Ir. Suhud
Kabid Humas Polda Jateng Kombes. Djarod Padakopa , Bulog Jateng , Bupati Pati,Forkopinda Kabupaten Pati, Pimpinan DPRD Kabupaten Pati,SKPD Kabupaten Pati, Kepala Bulog Kabupaten Pati, Paguyuban Kepala Desa se Kecamatan Sukolilo dan Para Petani disekitar wilayah Kecamatan Sukolilo.


Dalam kegiatan tersebut  Bupati Pati H. Haryanto SH. MM.Msi mengatakan " panen raya di Desa Wotan Kecamatan Sukolilo Pati yang merupakan lumbung padi dimana akhir Januari sudah mulai sudah panen padi, luas lahan seluas 1700 ha yang akan di panen dan di kategorikan wilayah surplus serta tiap tahun bisa 2 kali panen" ungkapnya.


Dalam kesempatan yang sama Bupati Pati juga menceritakan " pada
Tahun 2017 kemarin Bupati Pati mendapat penghargaan sebagai Kabupaten dengan ketahanan pangan no 3 Nasional dan mendapat bantuan alat sebanyak 515 unit pertanian yang telah di bagikan ke kelompok petani dan di harapkan hasil produksi petani di beli Bulog dengan harga yang baik sehingga petani menjadi sejahtera , Saat ini untuk mengatasi banjir dan musim kemarau agar pemerintah pusat memberikan perhatian Kedung kembang kempis dan waduk randu Gunting yang mengairi 3 kecamatan di Pati sehingga semakin memaksimalkan hasil pertanian" cerita Bupati.


Bupati menambahkan "Saya mengharapkan kita tidak perlu impor beras tetapi silahkan hasil pertanian padi di Pati saja yang di beli agar harganya bisa meningkat dan mensejahterakan para petani, Terimakasih kepada bapak Menteri yang telah membantu alat pertanian dan semuanya telah di serahkan kepada petani" Pungkasnya.
Hj. Denty Eka Widi Pratiwi, S.E., M.H anggota DPD RI menyampaikan "dan dengan segala upaya petani Pati mewujudkan swasembada pangan di Pati khususnya dan secara umum di Indonesia , Komitmen petani Pati menumbuhkan simpatik kami sebagai legislatif dan perjuangan masyarakat untuk di buatkan embung atau waduk semoga bisa direalisasi, DPD tidak setuju untuk kita melakukan Impor karena hasil pertanian kita telah mencukupi untuk kebutuhan pangan masyarakat Indonesia sehingga Indonesia bisa berdaulat pangan " ungkapnya.


Aster Kasad Mayjen TNI Supartodi  menyampaikan "pada Saat ini posisi panen raya, petani jangan takut karena hasil panen nantinya akan di beli langsung Cash di lapangan dan terkait harga akan di komunikasikan dengan harga paling tidak sesuai harga HGB, Pembelian hasil panen petani akan di koordinasikan dengan Bulog setempat,  Jangan kuatir petani rugi, petani harus untung dan saya mengapresiasi Dandim Pati karena di wilayah Pati pertama kali padi di beli secara Cash langsung di lapangan " tuturnya.


Dalam kegiatan tersebut Menteri Pertanian RI Dr.Ir. H. Andi Amran Sulaiman juga menyampaikan "Presiden memberi bantuan alat pertanian naik 2000 persen, perbaikan irigasi serta bantuan benih gratis dan asuransi pertama dalam sejarah RI hal ini sebagai bentuk kecintaan Presiden kepada Petani, Saya akan kirim bantuan 40 unit alat pertanian ke Pati , ini merupakan bantuan yang terbanyak yang di terima wilayah Kabupaten , Pangan merupakan kekuatan kedaulatan negara dan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan negara sehingga mari kita pertahankan Swasembada Pangan " ungkapnya.


Reporter : Bam'S/Pdim

×
Berita Terbaru Update