Notification

×

Iklan

Iklan

Rakor Muspika Kecamatan Sukolilo Menjelang Puasa Sepakati Larangan Tongtek Di Sukolilo

Senin, 11 Maret 2024 | Maret 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-11T02:36:48Z

 



Pati,suakaindonesia.com - Menjelang Memasuki Bulan Ramadhan 2024, Muspika Kecamatan Sukolilo Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Menjelang Bulan Suci Ramadhan bersama Camat Sukolilo, Kapolsek Sukolilo, Danramil Sukolilo, Guru  yang ada di Sukolilo,Kepala Desa Se Kecamatan Sukolilo,Kepala KUA, Ketua MUI, MWC NU Sukolilo, PC Muhammadiyah Sukolilo, Ketua Ta'mir Masjid Desa-desa di Kecamatan Sukolilo Dan Para tokoh masyarakat. (Kamis, 7/3)


Acara Berlangsung di ruang rapat Kantor Kecamatan Sukolilo Pada Kamis, (7/3). Dan Dalam rapat koordinasi kali ini, mendapatkan beberapa poin yang diantaranya .


1. Larangan Tongtek di wilayah kecamatan Sukolilo guna mengantisipasi terjadinya tindakan yang melanggar hukum dan menjaga keamanan, ketertiban diwilayah masing-masing serta berkoordinasi dengan aparat keamanan diwilayah masing-masing selama bulan Suci Ramadhan 1445 H;


2. Tetap menjaga kondisi yang kondusif demi terciptanya suasana yang nyaman dan aman, terutama di bulan Suci Ramadhan 1445 H agar aktifitas warga dalam beribadah maupun aktifitas sehari-hari berjalan dengan baik, sekaligus menginformasikan kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan kegiatan keagamaan/ ibadah di masjid/ mushollah masing-masing selama bulan Suci Ramadhan 1445 H. 


3. Menghimbau kepada pemilik warung makanan di wilayah masing-masing untuk memasang kain penutup/ tabir pada siang hari, selama bulan Suci Ramadhan 1445 H untuk menghormati masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah puasa ramadhan;


5. Menertibkan Kendaraan Berknalpot Brong di Area Sukolilo , Mencegah Balap liar di titik titik tertentu saat menjelang berbuka puasa dan akan melakukan pemantauan pada titik titik tempat yang dijadikan tongkrongan.


Menurut Camat Sukolilo Rapat koordinasi kali ini mendapatkan poin yang tentunya yang meresahkan masyarakat untuk Melakukan larangan Sepeda motor berknalpot Brong dan Balap liar.


"ya, untuk hari ini di kecamatan Sukolilo mengadakan rapat persiapan menjelang bulan Ramadhan, yang pasti untuk menjaga kondusifitas di Kecamatan Sukolilo, dengan ini Kami mengundang Para Kepala Desa, Pihak pihak Sekolahan dan Forkompimcan, Juga pak Kapolsek juga pak danramil juga kita undang dan juga Kasi Kesra dan kasi pelayanan juga kita undang, terkait nanti langkah langkah kita lakukan menghadapi bulan Ramadhan" ungkap Andrik Sulaksono,S.SPT.MS i saat ditemui usai rapat.


Yang Pertama berkaitan dengan tongtek itu, masih Lanjutnya, kita sepakat dengan melakukan Pelarangan , yang kedua terkait takbir keliling kita perbolehkan dengan beberapa syarat , dan Petasan yang tidak diperbolehkan pihak keamanan tentunya kita larang, Kemudian area balap anak anak muda tentunya kita kondisikan termasuk yang ada di cengkalsewu, pada intinya kita larang balap liar dan termasuk knalpot Brong " Pungkasnya.


Dalam Waktu yang sama Kapolsek Sukolilo AKP Sahlan Saat  Temui media suaka Indonesia Mengatakan "Hari ini rekan rekan muspika mengumpulkan para tokoh masyarakat, Tokoh agama, tokoh pemuda, Ketua MUI, Ketua Muhammadiyah Kecamatan Sukolilo juga elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Sukolilo dalam rangka bersama sama mengantisipasi Kamtibmas menjelang puasa dan lebaran tahun 2024" jelas Sahlan.


Masih Lanjutnya, Tentunya ada beberapa yang menjadi kesepakatan bersama diantaranya yaitu larangan Tongtek, Bahwa larangan Tongtek ini sudah banyak pertimbangan dan dukungan dari elemen masyarakat , bahwa tongtek sangat meresahkan masyarakat dan mengganggu lingkungan tentunya ini sesuai KUHP pasal 503, ini menimbulkan keresahan lingkungan dan masyarakat, sehingga Muspika Kecamatan Sukolilo melarang adanya Tongtek" Imbuhnya.


Ketika disinggung terkait takbir keliling Sahlan Mengatakan bahwa takbir keliling diperbolehkan namun ada syarat syarat yang harus di penuhi peserta takbir keliling nanti.


"Ada batasan takbir keliling karna apa, bahwa takbir keliling ini ada batasan, karna Kecamatan Sukolilo merupakan Kecamatan yang Potensi Rawan Kamtibmas , potensi konflik sehingga kesepakatan para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama Bahwa kegiatan takbir keliling tetep dilaksanakan namun ada batasan batasan. Sehingga Semua ini Dalam rangka untuk menciptakan situasi kecamatan Sukolilo yang tentram, yang aman dan kondusif, Baik berlangsungnya kegiatan puasa maupun lebaran tahun 2024." Pungkas Sahlan.


Reporter : Basudewo 

×
Berita Terbaru Update